al-Shabab bantah warga AS & Inggris ikut serang mal

Selasa, 24 September 2013 - 16:33 WIB
al-Shabab bantah warga AS & Inggris ikut serang mal
al-Shabab bantah warga AS & Inggris ikut serang mal
A A A
Sindonews.com – Kelompok militan Islam Somalia, al-Shabab, pada Selasa (24/9/2013), membantah pernyataan Pemerintah Kenya, bahwa serangan di mal Westage, Nairobi, melibatkan warga asing. al-Shabab menegaskan, warga asing tidak berhubungan dengan para gerilyawan.

Komentar kelompok al-Shabab itu sebagai respons dari pernyataan Menteri Luar Negeri Kenya, Amina Mohamed. Menurut Amina Mohamed, ada beberapa warga Amerika Serikat dan Inggris bergabung bersama kelompok itu untuk menyerang mal yang menewaskan 62 orang.

Salah satu warga Inggris yang disebut Amina Mohamed, adalah seorang wanita. Namun, al-Shabab, dalam pernyataannya kepada Reuters menepis komentar Menlu Kenya tersebut. ”Kami telah berkomunikasi dengan kami mujahidin (pejuang) di mal Westgate, dan mereka mengatakan kepada kami pertempuran baru saja dimulai,” bunyi pernyataan kelompok itu.

”Mereka yang menggambarkan penyerang sebagai orang Amerika dan Inggris adalah orang-orang yang tidak tahu tentang apa yang terjadi di gedung Westgate,” lanjut pernyataan al-Shabab.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan televisi Amerika PBS Newshour, Amina Mohamed mengatakan, warga AS berusia 18 atau 19 tahun, asal Somalia atau Arab, terlibat dalam serangan di mal. Sedangkan warga Inggris yang ia sebut juga terlibat adalah seorang wanita. ”Seorang wanita yang telah melakukan ini berkali-kali sebelumnya,” ujar Amina Mohamed.

Teka-teki keterlibatan warga AS dan Inggris dalam serangan di mal, juga muncul spekulasi tentang sosok Samantha Lewthwaite, seorang janda dari pembom bunuh diri yang menyerang kereta api dan bus di London pada 7 Juli 2005.

Samantha, bahkan disebut-sebut sebagai tersangka utama dan pemimpin dari serangan di mal yang menewaskan 62 orang dan melukai 200 orang lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6510 seconds (0.1#10.140)