AL Iran kawal kapal tanker & kargo ke Sudan

Kamis, 19 September 2013 - 17:31 WIB
AL Iran kawal kapal tanker & kargo ke Sudan
AL Iran kawal kapal tanker & kargo ke Sudan
A A A
Sindonews.com - Armada kapal perang Iran berlayar di perairan bebas untuk memberikan menjamin pelayaran kapal kargo dan kapal tanker minyak Iran yang berlabuh di pelabuhan Sudan, Rabu (19/9/2013).

Angkatan Laut (AL) Iran melaporkan, bahwa dalam perjalanan ke Sudan, armada perang mengawal 14 kapal kargo dan tanker minyak. "Misi kapal perang Iran dikirim ke laut lepas untuk melindungi kapal komersil dan tanker minyak dari bajak laut di laut lepas," ungkap Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari.

"Armada ke 27 kapal perang Iran yang membawa helikopter Khark dan kapal perusak Sabalan berlabuh di pelabuhan Sudan setelah berlayar selama sebulan sejauh 2.600 km. Kapal tersebut mengirim pesan juga perdamaian dan persahabatan kepada negara-negara di kawasan sekaligus memperkuat hubungan dengan Sudan," ujarnya.

Sementara itu, Sayyari mengatakan, armada ke 27 diberangkatkan setelah kembalinya armada ke-26 AL Iran yang membawa kapal perang Bandar Abbas dan kapal perusak Alvand berpatroli di Teluk Aden, Laut Merah dan Samudera Hindia Utara dan mengunjungi sejumlah pelabuhan di Oman dan Djibouti.

AL Iran telah melancarkan patroli anti pembajakan di Teluk Aden Sejak November 2008 lalu, setelah perompak Somalia membajak kapal kargo MV Delight di lepas pantai Yaman.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6860 seconds (0.1#10.140)