Militer Filipina bebaskan 107 sandera MNLF

Selasa, 17 September 2013 - 17:22 WIB
Militer Filipina bebaskan...
Militer Filipina bebaskan 107 sandera MNLF
A A A
Sindonews.com – Pihak Militer Filipina mengatakan pada Selasa (17/9/2013), bahwa mereka telah membebaskan 107 sandera yang ditawan pengikut Nur Misuari, pemimpin pemberontak Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF). Mereka dibebaskan 18 jam yang lalu.

"Sebanyak 66 sandera diselamatkan pukul 3 dini hari. Lima orang lagi dibebaskan beberapa jam kemudian," ungkap kepala Komunikasi Angkatan Bersenjata Filipina, Letkol Ramon Zagala.

Zagala mengatakan, 36 sandra lainnya dibebaskan melalui operasi penyelamatan yang disebut respon dari pasukan pemerintah. "Kami melancarkan sebuah operasi yang disengaja, militer tidak melancarkan operasi ofensif untuk menjamin keamanan sandera," ungkap Zagala dalam sebuah wawancara televisi.

Zagala manambahkan, militer terbuka untuk melakukan gencatan senjata dengan pemberontak, tapi sebelumnya harus dilakukan pertemuan, hanya sekitar 30 menit saja. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi pembebasan sandera dan hal ini harus dilakukan tanpa syarat.

"Para pemberontak harus mempertangung jawabkan berbagai bentuk pelanggaran yang telah mereka lakukan di mata hukum," imbuh Zagala.

Krisis di Zamboanga telah memasuki hari kesembilan. Bentrok sporadis pecah setelah setelah ratusan pengikut Nur Misuari pergi ke kota dan menyerang militer Filipina. Kelompok ini menyandra ratusan warga sipil dari empat desa pesisir dan menggunakan mereka sebagai perisai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9658 seconds (0.1#10.140)