Rusia: AS tak realistis soal waktu penyerahan senjata kimia Suriah

Sabtu, 14 September 2013 - 18:53 WIB
Rusia: AS tak realistis soal waktu penyerahan senjata kimia Suriah
Rusia: AS tak realistis soal waktu penyerahan senjata kimia Suriah
A A A
Sindonews.com - Alexei Pushkov, Ketua komisi Luar Negeri Parlemen Rusia dalam akun Twitter-nya mengatakan, Amerika Serikat (AS) telah menetapkan waktu yang tidak realistis bagi Suriah untuk menyerahkan senjata kimianya, Sabtu (14/9/2013).

"Permintaan AS untuk penyerahan senjata kimia AS kepada badan pengontrol senjata kimia internasional hanya dalam waktu dua atau tiga minggu, itu tidak profesional," tulis Pushkov dalam akun Twitter-nya.

"Di Suriah itu sedikitnya ada 42 gudang penyimpanan senjata kimia. Beberapa dari gudang itu, berada di zona pertempuran," lanjut Pushkov.

Sebelumnya, sejumlah pejabat AS mengatakan, Gedung Putih berharap bahwa pemindahan senjata kimia dari Suriah akan memakan waktu sekitar dua minggu. Ketentuan waktu tersebut ditetapkan untuk mengetahui apakah rencana yang digagas Pemerintah Rusia guna memindahkan senjata kimia Presiden Suriah Bashar al-Assad di bawah kontrol internasional memang layak.

Hari ini, utusan AS dan Rusia memasuki hari ke tiga negosiasi soal penyerahan senjata kimia Suriah. Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, dan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, dijadwalkan mengadakan pertemuan untuk menyepakati cara pemusnahan senjata kimia di Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5370 seconds (0.1#10.140)