Demo ricuh di Meksiko, guru bentrok dengan polisi

Kamis, 12 September 2013 - 11:03 WIB
Demo ricuh di Meksiko, guru bentrok dengan polisi
Demo ricuh di Meksiko, guru bentrok dengan polisi
A A A
Sindonews.com - Ribuan guru berdemonstrasi di Meksiko City, dan beberapa di antaranya terlibat bentrok dengan aparat kepolisian yang mengamankan kediaman Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto. Presiden Meksiko menjadi incaran para demonstran, setelah ia menandatangani draft reformasi pendidikan yang kontroversial.

Polisi anti-huru-hara membuat perisai untuk melindungi kediaman Presiden Nieto di Los Binos, dari sasaran demosntran. Pihak Kepolisian setempat, seperti dikutip Reuters, Kamis (12/9/2013), mengatakan, mengatakan demo yang dilakukan sekitar 12 ribu guru menyebabkan kemacetan lalu lintas di berbagai jalan.

Polisi juga menembakkan gas air mata, ketika bentrokan antara para guru dan aparat kepolisian pecah di wilayah permukiman. Sekitar 80 petugas kepolisian, memblokir akses para demonstran yang memicu ketagangan dan berujung pada kerusuhan.

Para demonstran telah dibubarkan paksa pada Kamis (12/9/2013) dini hari. Demonstrasi ribuan guru itu juga memicu amarah warga yang terganggu dengan kemacetan lalu lintas. Sebelum demonstrasi pecah, para guru menduduki alun-alun Zocalo selama tiga minggu.

Mereka gagal untuk menghentikan upaya Kongres yang menyetujui draf reformasi pendidikan itu. Dalam draf reformasi yang sudah disahkan, mengharuskan para guru untuk menjalani evaluasi kinerja. Imbasnya, akan terjadi pemecatan jika para guru tidak lolos dalam evaluasi kinerja.

Juan Garcia , seorang pemimpin Koordinator Serikat Pekerja Pendidikan Nasional (CNTE ) demosntrasi itu bukan hanya untuk kepentingan para guru. ”Kami ingin penduduk bergabung dengan perjuangan kami melawan reformasi,” katanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7164 seconds (0.1#10.140)