Presiden Kolombia: FARC gencatan senjata sampai referendum

Sabtu, 07 September 2013 - 12:17 WIB
Presiden Kolombia: FARC gencatan senjata sampai referendum
Presiden Kolombia: FARC gencatan senjata sampai referendum
A A A
Sindonews.com - Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, mengatakan pemberontak FARC akan melakukan gencatan senjata, sampai kesepakatan damai disahkan. Menurutnya, tidak ada yang bisa mengharapkan pemberontak menyerahkan senjata mereka, sebelum referendum terlaksana.

Sedangkan kritikus di Kolombia, mengatakan, referendum tidak harus diadakan sampai pemberontak melucuti senjata mereka.

Presiden Santos bulan lalu, mengejutkan para pemberontak, ketika ia mengusulkan undang-undang yang menuntut kesepakatan dalam sebuah referendum yang harus disetujui oleh rakyat Kolombia. Referendum itu menjadi celah bagi pemberontak FARC untuk masuk dalam pemerintahan, dengan kompensasi pertikaian bersenjata berhenti.

”Jika kita memiliki kesepakatan, maka kita memasuki fase implementasi ketiga,” kata Presiden Santos, kemarin, mengacu pada masalah referendum tersebut, seperti dikutip BBC, Sabtu (7/9/2013). ”Dan saya telah berjanji bahwa orang-orang Kolombia akan memiliki kesempatan yang sama.”

Jika para negosiator perdamaian terlibat dalam pembicaraan sejak November tahun lalu mencapai kesepakatan, ada kemungkinan bahwa referendum akan diadakan pada hari yang sama, yakni pada Pemilihan Presiden Kolombia Mei 2014 mendatang.

Namun, referendum itu juga bisa maju lebih awal, yakni pada Maret 2014, yakni pada Pemilu Parlemen. Pada 21 Juli 2013, Tentara Kolombia telah menyita granat dan senjata dari pemberontak FARC. ”Orang-orang Kolombia akan melihat tugas akhir ini. Dan saya yakin bahwa orang-orang Kolombia akan mendukung saya,” lanjut Santos.

Sebaliknya, Santos mengecam musuh-musuh yang berusaha mengacaukan perdamaian. ”Jika kita mencapai beberapa kesepakatan, maka kita akan segera melakukan gencatan senjata. Itulah apa yang telah kita sepakati,” imbuh dia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6658 seconds (0.1#10.140)