Serbia sambut pembebasan penjahat perang

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 11:22 WIB
Serbia sambut pembebasan penjahat perang
Serbia sambut pembebasan penjahat perang
A A A
Sindonews.com - Momcilo Krajisnik, diberi sambutan sebagai pahlawan Serbia, setelah dibebaskan dari penjara Inggris dan kembali ke negaranya, kemarin. Dia bebas dari penjara, setelah menjalani sebagian besar masa hukuman dari vonis 20 tahun penjara.

Krajisnik ditangkap pada tahun 2000. Dia dihukum oleh pengadilan kejahatan perang di Den Haag. Kemarin, sekitar 2 ribu warga Serbia menyambut kedatangan Krajisnik. Lagu-lagu nasional dan bedera Serbia dikibarkan untuk menyambut kebebasan penjahat perang itu.

”Ini seperti mimpi. Anda tidak tahu betapa indahnya negeri ini,” katanya, seperti diktip al-Jazeera. Orang-orang yang menyambut Krajisnik merasa pria 68 tahun itu tidak layak berlama-lama di penjara, karena dia telah mengorbankan dirinya untuk rakyat Serbia.

Krajisnik tidak tahu, apakah masih ada dukungan untuk dirinya. ”Setelah semua tahu, saya seorang penjahat perang,” ujarnya.

Dia dihukum tahun 2000 atas kejahatan perang Yugoslavia. Dia dituduh menganiaya dan mengusir paksa warga non-Serbia selama perang 1992-1995 di Bosnia. Semula dia divonis 27 tahun penjara, namun berkurang setelah dia mengajukan banding.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7166 seconds (0.1#10.140)