140 pencari suaka Suriah & Mesir tiba di Italia

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 21:12 WIB
140 pencari suaka Suriah...
140 pencari suaka Suriah & Mesir tiba di Italia
A A A
Sindonews.com - Sebuah kapal yang mengangkut 140 pencari suaka dari Suriah dan Mesir telah berlabuh di Italia, Jumat (23/8/2013). Demikian dikabarkan pejabat Italia dan tayangan televisi Italia.

Menurut laporan penjaga perbatasan, perahu kayu yang mengangkut ratusan orang pencari suaka itu dicegat di lepas Pantai Syracuse di Sisilia.

Dari 140 pencari suaka, 29 di antara mereka adalah wanita, sementara 31 orang lainnya adalah anak-anak.

"Perahu kayu yang digunakan para pencari suaka sangat kecil, panjangnya hanya sekitar 15 meter. Kapal itu mulai terlihat beberapa mil dari wilayah pantai. Saat ditangkap para pencari suaka dari Mesir berupaya untuk menghindari dari penangkapan," ungkap Antonino Spampinato, penjaga perbatasan lokal.

"Sampai Mei tahun ini, hanya sedikit migran tiba di Pantai Syracuse, namun jumlahnya meningkat dengan tajam pada Juni, Juli dan Agustus, jumlah mereka mencapai 5.000 jiwa," terang Spampinato.

Seperti diketahui, perang antara tentara dan pemberontak Suriah yang berusaha menggulingkan kekuasaan Presiden Suriah Bashar al-Assad telah berlangsung selama 29 bulan. Hingga saat ini belum ada tanda tanda gencatan senjata ataupun dimulainya perundiangan damai antara pemberontak dan pemerintah Suriah.

Sementara itu, jumlah korban tewas terus bertambah, tidak hanya dari pihak, militer dan pemberontak, tapi juga dari sipil. Menurut laporan terbaru yang dirilis PBB, jumlah korban tewas telah mencapai lebih dari 100 ribu jiwa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7231 seconds (0.1#10.140)