Informan WikiLeaks bakal menua di penjara AS

Rabu, 21 Agustus 2013 - 16:48 WIB
Informan WikiLeaks bakal menua di penjara AS
Informan WikiLeaks bakal menua di penjara AS
A A A
Sindonews.com - Bradley Manning, tentara AS yang membocorkan dokumen rahasia AS ke kelompok anti-kerahasiaan WikiLeaks, akan menghabiskan masa mudanya di penjara militer AS. Dalam sidang yang digelar Rabu (21/8/2013), jaksa minta agar Manning, 25, dihukum 60 tahun penjara.

Semula, Manning terancam hukuman 90 tahun penjara atas tuduhan membocorkan 700 ribu dokumen rahasia AS sejak 2010. Namun, hakim pengadilan militer Kolonel Denise Lind, mempertimbangkan tuntutan jaksa yang minta Manning dihukum 60 tahun penjara.

Sedangkan pengacara Manning, seperti dikutip Reuters, memohon kepada hakim agar tidak merampas masa muda tentara AS itu. Pekan lalu, Manning meminta maaf karena merusak pemerintah AS. Menurutnya, ia tak pernah menduga tindakannya akan berdampak serius bagi negaranya.

”Tiga tahun terakhir telah menjadi pengalaman belajar bagi saya,” kata Manning saat sidang di pengadilan militer di Fort Meade, Maryland, AS.

Tentara AS itu divonis bulan Juli 2013 lalu atas 20 tuduhan termasuk spionase, pencurian dan pelanggaran aturan penggunaan komputer militer AS. Namun, dalam vonis itu hakim belum memutuskan berapa tahun hukuman penjara yang harus dijalani Manning.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6644 seconds (0.1#10.140)