Menlu Perancis: Kondisi di Mesir untungkan kaum ekstrimis

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 17:52 WIB
Menlu Perancis: Kondisi di Mesir untungkan kaum ekstrimis
Menlu Perancis: Kondisi di Mesir untungkan kaum ekstrimis
A A A
Sindonews.com – Menteri luar negeri Prancis, Laurent Fabius mengatakan, meningkatnya ketegangan di Mesir menguntungkan kaum ekstrimis. Karenanya, ia mendesak semua pihak untuk melakukan yang terbaik untuk meredakan ketegangan.

"Mengingat bahwa Mesir adalah penjamin perdamaian di kawasan itu, kondisi saat ini menjadi lebih mengkhawatirkan," kata Fabius dalam wawancara dengan radio RTL, Jumat (16/8/2013).

"Pembatasan maksimum harus ditunjukkan, jika risikonya adalah kelompok ekstrimis akan mengambil keuntungan dari situasi dan akan mengakibatkan dampak sangat serius," lanjutnya.

Sebelumnya, Prancis dan Inggris telah meminta digelarnya pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB pada Kamis (15/8/2013) malam. Dua negara Eropa yang menjadi anggota DK PBB itu juga telah mendesak semua pihak untuk mengakhiri kekerasan dan menahan diri maksimum, setelah tewasnya ratusan orang akibat tindakan keras aparat keamanan.

Fabius mengatakan, semuanya harus dilakukan untuk menghindari perang saudara dan menempatkan semua pihak kembali ke meja perundingan. "Harus ada yang bisa meredakan ketegangan. Pemerintah harus membuat gerakan dan demonstran juga memiliki tugas untuk menunjukkan sika damai," kata Fabius.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7540 seconds (0.1#10.140)