Rusia: Konferensi damai Suriah digelar setelah September

Selasa, 13 Agustus 2013 - 12:23 WIB
Rusia: Konferensi damai...
Rusia: Konferensi damai Suriah digelar setelah September
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Suriah meramalkan, konferensi internasional tentang Suriah baru bisa terlaksana setelah September. Demikian dinyatakan oleh Deputi Menteri Luar Negeri Rusia, Gennady Gatilov, Senin (12/8/2013).

"Konferensi ini tidak akan terjadi pada September, karena akan ada acara lain. Misalnya sidang Majelis Umum PBB," ujar Gatilov, seperti dikutip dari Interfax. Menurutnya, Rusia ingin menyelenggarakan konferensi sesegera mungkin.

"Tapi, kita harus memperhitungkan kondisi nyata yang dapat mempengaruhi forum itu," lanjut Gatilov. Ia mengungkapkan, bahwa Rusia dan perwakilan Amerika Serikat (AS) akan bertemu pada akhir Agustus untuk membahas rincian persiapan untuk konferensi.

Gatilov akan mengambil bagian dalam pertemuan itu, yang juga akan dihadiri oleh Wakil Menlu Rusia lainnya, Mikhail Bogdanov, Wakil Menteri Bidang Politik Wendy Sherman, dan Duta Besar AS untuk Suriah, Robert Ford.

Mereka akan membahas isu-isu lain, seperti komposisi delegasi Suriah pada konferensi internasional itu. “Delegasi oposisi Suriah yang akan mencerminkan semua spektrum kekuatan oposisi, belum terbentuk," kata Gatilov.

Gatilov mengatakan, bahwa Rusia akan menyambut kehadiran Iran pada konferensi tersebut. Menurut para ahli, kendala utama untuk konferensi yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat adalah keseimbangan militer terus bergeser di negara yang dilanda konflik dalam dua tahun terakhir ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5599 seconds (0.1#10.140)