Peningkatan suhu udara tewaskan 9 warga Jepang

Senin, 12 Agustus 2013 - 19:40 WIB
Peningkatan suhu udara...
Peningkatan suhu udara tewaskan 9 warga Jepang
A A A
Sindonews.com - Peningkatan suhu udara di Jepang hari ini mencapai titik tertinggi dengan mencapai 41 derajat celcius, Senin (12/8/2013). Badan meteorologi Jepang mengatakan, suhu 41 derajat celcius itu tercatat di Shimanti, dekat wilayah barat pantai Shikoku.

Menurut Badan meteorologi Jepang, suhu udara kali ini memecah rekor suhu udara tertinggi sebelumnya pada Agustus 2007 silam dengan 40,9 derajat celcius. Pejabat dan sejumlah media lokal Jepang melaporkan, sembilan orang dilaporkan tewas selama sepekan akibat peningkatan suhu udara.

Menyikapi kondisi demikian, Lembaga meteorologi Jepang memperingatkan peningkatan suhu akan melanda 38 dari 47 perfektur Jepang. Oleh karena itu, pemerintah menghimbau para warga untuk terus menyalakan pendingin ruangan dan memastikan tubuh tidak kekurangan cairan dengan lebih sering minum.

Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut suhu udara di hampir sebagian besar wilayah Jepang melampaui 40 derajat celcius. Peningkatan suhu mulai terjadi setelah Jepang menutup reaktor nuklir utama, Fukushima dua tahun lalu pasca bencana tsunami. Imbasnya, Jepang terpaksa menutupi ketiadaan energi itu dengan mengunakan bahan bakar fosil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2131 seconds (0.1#10.140)