Mamnoon Hussain terpilih sebagai presiden baru Pakistan

Selasa, 30 Juli 2013 - 20:51 WIB
Mamnoon Hussain terpilih...
Mamnoon Hussain terpilih sebagai presiden baru Pakistan
A A A
Sindonews.com - Mamnoon Hussain, seorang pengusaha Pakistan terpilih menjadi presiden Pakistan ke 12, Selasa (30/7/2013). Demikian disiarkan televisi nasional pemerintah Pakistan.

Pengusaha berusia 73 tahun itu adalah sekutu dekat Perdana Menteri Nawaz Sharif dan calon kuat dari Partai Liga Muslim N (PLM-N) yang dianggap paling pantas untuk menggantikan Presiden Asif Ali Zardari, yang periode masa jabatan lima tahunanya akan berakhir pada September mendatang. Hussain, adalah sosok rendah hati dan juga sangat loyal terhadap Sharif.

Hussain terpilih lewat pemungutan suara yang dilakukan dua parlemen nasional dan empat majelis provinsi yang ditutup pada pukul 3 sore ini. Media resmi pemerintah Pakistan mengumumkan, berdasarkan hasil perhitungan resmi, Hussasin terpilih menjadi Presiden Pakistan yang baru.

Malam sebelum pemilihan digelar, Hussain sempat mengadakan pertemuan di kantor PLM-N di Ibu Kota Islamabad. Dalam pertemuan itu, dia bersumpah akan menjadi pelayan negara dan rakyat jika terpilih menjadi presiden.

Selain Hussain, calon kuat presiden Pakistan adalah Wajihuddin Ahmed, mantan Mahkamah Agung dari Partai Tehreek-e-Insaf, partai terbesar ketiga di parlemen yang dipimpin oleh Imran Khan.

Kemenangan Hussain rupanya ditentang oleh partai oposisi, Partai Rakyat Pakistan (PPP) pimpinan Zardari. Mereka memboikot pemilu kali ini, karena pemilu kali ini seharusnya diselenggarakan pada 6 Agustus mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9285 seconds (0.1#10.140)