Panama cegat kapal Korut pengangkut rudal

Selasa, 16 Juli 2013 - 13:23 WIB
Panama cegat kapal Korut pengangkut rudal
Panama cegat kapal Korut pengangkut rudal
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Panama menghentikan sebuah kapal milik Korea Utara (Korut) yang menyelinap melalui Terusan Panama, kemarin. Kapal yang berlayar dari Kuba menuju Korut itu, diuga kuat membawa rudal canggih secara ilegal.

Dugaan itu dikemukakan Presiden Panama Ricardo Martinelli. ”Dunia harus memperhatikan sejenak, bahwa Anda (Korut) tidak bisa seenaknya mengirim senjata perang melalui Terusan Panama,” kata Martinelli, yang menyatakan pemeriksaan kapal itu semula untuk merazia obatan-obatan.

”Kami telah menduga kapal yang berasal dari Kuba, dan menuju ke Korut ini membawa obat-obatan, sehingga dilakukan pemeriksaan,” kata Martinelli kepada Radio Panama.

”Ketika kami mulai membongkar sebuah wadah yang kita yakini tersimpan peralatan rudal canggih, dan itu yang tidak diperbolehkan,” lanjut Martinelli dikutip ABC News, Selasa (16/7/2013).

Ia menggambarkan, penghentian kapal berlangsung dramatis, bahkan kapten kapal mencoba untuk bunuh diri. ”Kapten telah mencoba bunuh diri, dan kru terlibat perkelahian, ketika polisi bergerak. Kami menyita kapal ini untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujarnya.

Kuba adalah satu-satunya rezim negara komunis di Amerika, dan sekutu Pyongyang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5183 seconds (0.1#10.140)