Qatar kutuk pembunuhan 42 aktivis Mesir

Senin, 08 Juli 2013 - 21:11 WIB
Qatar kutuk pembunuhan 42 aktivis Mesir
Qatar kutuk pembunuhan 42 aktivis Mesir
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Qatar, selaku pendukung utama Ikhwanul Muslimin di Mesir, mengutuk aksi pembunuhan terhadap 42 aktivis di Mesir yang berdemonstrasi menentang kudeta militer terhadap Presiden Mohammed Morsi.

"Qatar mengecam keras tindakan malang itu yang telah menewaskan nyawa orang yang tidak berdosa," ungkap seorang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, seperti dilansir QNA, kantor berita Qatar.

Qatar mendesak berbagai pihak untuk menahan diri dan menciptakan persatuan nasional, serta menyerukan terselenggaranya dialog untuk melestarikan keamanan, keselamatan, dan stabilitas di Mesir. Selain itu, Qatar juga mendesak pemerintah Mesir untuk melindungi pengunju rasa yang melakukan aksi damai dan hak mereka untuk mengekspresikan pendapat dan posisi mereka.

Pihak Ikhawanul Muslimin hari ini mengatakan, bahwa para pendukung Morsi Itu tewas dibunuh oleh pasukan keamanan saat melakukan salat Subuh. Kelompok politik Islam, Partai Kebebasan dan Keadilan, menyerukan warga Mesir untuk melakukan pemberontakan terhadap mereka yang berusaha mencuri revolusi Mesir dengan menggunakan tank.

Juru bicara resmi Ikhwanul Muslimin, El-Haddad, mengatakan, penembakan terhadap para pendukung Morsi terjadi pagi hari, saat mereka duduk di luar barak militer dan berdoa. Akibat insiden itu, Partai Nour Islam (partai ultra konservatif) yang semula mendukung tindakan militer dalam penggulingan Morsi, berbalik mengecam dan menarik anggotanya dari negosiasi untuk membentuk pemerintah sementara menuju Pemilu yang baru.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3585 seconds (0.1#10.140)