Sineas amatir dahului Hollywood bikin film Snowden

Selasa, 02 Juli 2013 - 18:56 WIB
Sineas amatir dahului Hollywood bikin film Snowden
Sineas amatir dahului Hollywood bikin film Snowden
A A A
Sindonews.com - Kelompok pembuat film amatir di Hong Kong, ternyata sudah lebih dulu membuat film thriller tentang whistleblower NSA yang diburu AS, Edward Snowden. Kelompok sineas amatir itu mendahului rencana Hollywod yang sebelumnya berminat untuk membuat film tentang sang pembocor penyadapan AS tersebut.

Film pendek yang hanya berdurasi lima menit itu, menceritakan pelarian Snowden di Hong Kong, dan ulahnya dalam membocorkan program penyadapan catatan telepon dan internet AS berkode Prism.

Meskipun dengan anggaran dan waktu yang terbatas, film itu menarik lebih dari 43.000 penonton YouTube dalam Minggu pertama. Film mengambil lokasi syuting di hotel yang ditempati Snowden selama di Hong Kong.

Film tersebut dibuat khusus tidak hanya sebagai penghormatan kepada Snowden, tapi juga kota-kota di Hong Kong. ”Kami sangat tertarik, untuk apa Snowden datang ke Hong Kong,” kata Lee, kru film yang meninggalkan negaranya Irlandia dan memilih menetap di Hong Kong, dikutip CNN, Selasa (2/7/2013). ”Semua dari kita suka Hong Kong sampai mati, kita semua sebut Kong Hong rumah.”

Menurutnya, film berdurasi lima menit itu dibuat dalam waktu empat hari. Lee menyebut, pembuatan filmnya seperti operasi gerilya. Naskah skenario film, sebagian besar ditulis sehari sebelum pemotretan dan sang aktor tidak punya waktu latihan.

Lee dan tiga koordinator sutradara mengambil alur cerita, sembari membayangkan gerak Kementerian Keamanan Negara dan polisi Hong Kong. Film tersebut juga menayangkan adegan seolah-olah Snowden melakukan wawancara video dengan The Guardian saat membocorkan penyadapan AS.

Aktor yang memerankan sosok Snowden, juga memiliki kemiripan yang luar biasa, salah satunya potongan rambut. Koordinator produser film, Shawn Tse, yang mempermak penampilan sang aktor, mengingatkan agar pemeran Snowden itu hati-hati, karena bisa disangka sebagai buronan AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3753 seconds (0.1#10.140)