Jelang Pemilu, calon walikota di Meksiko ditembak mati

Selasa, 02 Juli 2013 - 11:27 WIB
Jelang Pemilu, calon walikota di Meksiko ditembak mati
Jelang Pemilu, calon walikota di Meksiko ditembak mati
A A A
Sindonews.com - Seorang calon walikota di Meksiko utara ditembak mati pada Senin (1/7/2013). Insiden itu menjelang pemilihan umum (Pemilu) negara bagian Minggu depan.

Korban bernama Ricardo Reyes. Dia adalah calon walikota San Dimas dari Partai Gerakan Publik (sayap kiri). Dia tewas sekitar tengah hari di Tayoltita, sebuah kota pertambangan di negara bagian Durango.

”Para pengecut pembunuh Reyes adalah bagian dari iklim kekerasan yang mengkhawatirkan, yang tampaknya ditujukan pada teror, sebelum pemilihan digelar Minggu depan,” demikian pernyataan partai pengusung Reyes, dikutip Reuters, Selasa (2/7/2013).

Jaksa Agung negara bagian setempat, tidak bisa dihubungi untuk dimintai konfirmasi.

Pekan lalu, calon legislatif dari partai berkuasa di Negara Bagian Oaxaca, Meksiko Selatan ditembak beberapa kali, dan kondisinya kritis. Insiden itu terjadi, hanya dua hari setelah polisi menemukan mayat pemimpin Partai Revolusi Demokratik (PRD).

Masih belum jelas siapa dan kelompok mana yang menjadi dalang serangan mematikan secara terpisah itu.

Sebanyak 14 negara bagian di Meksiko akan menggelar Pemilu serupa Minggu depan, sejak Enrique Pena Nieto dari Partai Revolusi Intitusi (PRI), mengambil alih kekuasaan Meksiko, setelah terpilih sebagai presiden dalam Pemilu.

PRI pernah memerintah Meksiko dengan tangan besi pada abad ke-20 dan digulingkan oleh Partai Aksi Nasional (PAN) tahun 2000.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5358 seconds (0.1#10.140)