Pakistan & India lakukan pertukaran daftar tahanan

Senin, 01 Juli 2013 - 23:53 WIB
Pakistan & India lakukan pertukaran daftar tahanan
Pakistan & India lakukan pertukaran daftar tahanan
A A A
Sindonews.com– Pakistan dan India pada Senin (1/7/2013), bertukar daftar tahanan masing-masing warga negara tetangga yang mendekam di penjara mereka. Menurut Perjanjian Konsuler yang ditandatangani antara kedua negara pada Mei 2008, daftar tahanan dipertukarkan dua kali dalam setahun, yakni pada 1 Januari dan 1 Juli.
"Konsisten dengan ketentuan-ketentuan persetujuan ini, Kementerian Luar Negeri menyerahkan ke Komisi Tinggi India di Islamabad, daftar 491 tahanan India yang mendekam di penjara Pakistan," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri India, seperti dikutip dari Xinhua.

“Sebuah daftar yang sama dari 386 tahanan Pakistan juga diserahkan kepada Komisi Tinggi Pakistan di New Delhi oleh Menteri Luar Negeri India,” lanjut pernyataan itu.

Setelah menerima daftar ini, masing-masing kementerian berkonsultasi dengan departemen Dalam Negerisi dan otoritas penjara untuk memastikan berapa banyak tahanan yang akan menyelesaikan hukuman penjara mereka.

Dengan demikian, setelah selesainya hukuman penjara, tahanan tersebut dibebaskan. "Pemerintah Pakistan memandang masalah tahanan sebagai satu sendi kemanusiaan dan terus melakukan upaya untuk pembebasan mereka, segera setelah hukuman penjara mereka telah selesai," kata Kementerian Luar Negeri Pakistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5197 seconds (0.1#10.140)