Bentrok antar suku tewaskan 9 warga Sudan

Rabu, 26 Juni 2013 - 17:45 WIB
Bentrok antar suku tewaskan 9 warga Sudan
Bentrok antar suku tewaskan 9 warga Sudan
A A A
Sindonews.com -Sedikitnya sembilan warga sipil dilapokan tewas dalam bentrok antara Suku Al-Gimir dan Bani Halba di wilayah selatan Sudan. Demikian dilansir harian Khartoum Al-Sudani, Rabu (26/6/2013).

"Suku Bani Halba menyerang Suku Al-Gimir di Kateila dari tiga arah yakni, Shateen, Buhairat dan daerah Garageer Abu. Serangan itu menewaskan sembilan anggota Suku Al-Gimir," ungkap Abbakar Al-Toum, pejabat lokal Suku Al-Gimir.

Toum menambahkan, para penyerang dari Suku Bani Halba menggunakan empat buah mobil, motor dan unta. Serangan dari Suku Bani Halba merupakan bentuk pelanggaran atas perjanjian rekonsiliasi yang diadopsi oleh pemerintah negara bagian.

Menanggapi bentrok antar suku di Sudan, Presiden Sudan, Omar al-Bashir, memperingatkan rakyatnya, bahwa semua warga Sudan tengah menghadapi tantangan yang sama dan semua warganya harus bisa mengatasi masalah itu dan bisa saling bekerjasama. "Konflik antar suku di sejumlah daerah di Suran, merupakan ancaman terbesar yang dihadapi warga Sudan," ungkap Bashir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5082 seconds (0.1#10.140)