Tambang emas di Kolombia longsor, 5 tewas

Senin, 24 Juni 2013 - 10:07 WIB
Tambang emas di Kolombia longsor, 5 tewas
Tambang emas di Kolombia longsor, 5 tewas
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya lima penambang tewas dan lima lainnya terluka setelah, lokasi tambang emas ilegal di Antioquia, barat laut Kolombia, longsor pada Minggu (23/6/2013). Dilansir Xinhua, Senin (24/6/2013), pejabat Kolombia mengatakan, upaya penyelamatan untuk para penambang yang terjebak masih dilakukan.

Direktur Pencegahan Bencana Antioquia, Cesar Hernandez, mengatakan, insiden itu terjadi di daerah pedesaan di Kota Zaragoza. Empat penambang yang terluka dibawa ke rumah sakit setempat, sedangkan yang lainnya dibawa ke pusat medis di Kota Caucacia.

”Orang-orang yang meninggal dan terluka adalah barequeros (penambang informal) yang tidak memiliki hubungan kerja formal dengan perusahaan tambang. Mereka memiliki kesepakatan dengan pemilik lahan tambang untuk bekerja pada waktu tertentu,” kata Hernandez.

Menurutnya, pihak berwenang sedang melakukan investigasi untuk mengidentifikasi penyebab longsornya tambang emas itu.

Sementara itu, Konfederasi Nasional Penambang Kolombia, mengklaim, bahwa tambang itu ilegal, meskipun saat ini tengah dilakukan upaya pelegalan terhadap aktivitas para penambang tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)