Snowden sudah tinggalkan Hong Kong

Minggu, 23 Juni 2013 - 17:59 WIB
Snowden sudah tinggalkan Hong Kong
Snowden sudah tinggalkan Hong Kong
A A A
Sindonews.com - Pejabat Pemerintah Hong Kong hari ini mengkonfirmasi, bahwa Edward Snowden, mantan karyawan CIA yang membocorkan sejumlah program rahasia Amerika Serikat (AS), telah meninggalkan Hong Kong dan menuju ke Rusia negara tujuan ketiga, Minggu (23/6/2013).

"Snowden telah meninggalkan Hong Kong sesuai jalur hukum dan normal. Petugas administratif wilayah khusus Hong Kong (HKSAR), telah memberitahu pemerintah AS perihal keberangkatan Snowden dari Hong Kong," ungkap Pemerintah Hong Kong dalam sebuah pernyataan.

AS sebelumnya meminta pemerintah Hong Kong mengelurkan surat perintah penahanan sementara untuk Snowden yang tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan hukum di Hong Kong. Namun, Pemerintah Hong Kong tidak dapat manahan dan mencegah Snowden meninggalkan Hong Kong karena tidak memiliki informasi yang memadai.

Dalam surat pernyataan itu, pemerintah Hong Kong juga meminta pemerintah AS untuk menjelaskan laporan pembajakan beberapa sistem komputer di Hong Kong yang dilakukan oleh lembaga pemerintah AS dan akan menindaklanjuti perkembangan terkait perlindungan hak-hak sah warga Hong Kong.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)
pixels