Obama akan ganti direktur FBI

Jum'at, 21 Juni 2013 - 11:05 WIB
Obama akan ganti direktur FBI
Obama akan ganti direktur FBI
A A A
Sindonews.com - Presiden AS, Barack Obama berencana untuk mencalonkan mantan Deputi Jaksa, Jenderal James Comey guna menggantikan Robert Mueller sebagai direktur FBI. Demikian laporan media setempat mengutip pernyataan pejabat Gedung Putih Kamis (20/6/2013).

Dilansir Xinhua, Jumat (21/6/2013), Obama akan membuat pengumuman di sebuah upacara di Gedung Putih pada Jumat sore. Comey yang merupakan pejabat nomor dua di Departemen Kehakiman pada era Presiden George Walker Bush, dinilai cocok untuk menjadi direktur FBI selanjutnya.

Seorang pejabat Gedung Putih, mengatakan, Comey menjabat sebagai jaksa yang profesional di Departemen Keamanan Nasional lebih dari dua dekade. ”(Ini menunjukkan) ketangguhan yang tak tergoyahkan, berintegritas dan (punya) prinsip,” tulis Hill, sebuah surat kabar di lingkungan Kongres.

Bila calon dari Obama itu disetujui Kongres, Comey akan menggantikan Mueller yang masa jabatannya berakhir September tahun ini, setelah diperpanjang dua tahun atas permintaan Obama. Muller menjabat direktur FBI hampir 12 tahun. Ia mulai menjabat beberapa hari sebelum serangan teror 11 September 2001 terjadi.

Di era kepemimpinan Muller, FBI masih menyisakan masalah, terutama soal teror bom Boston dan kontroversi penyadapan NSA. ”Seperti digambarkan oleh serangan baru-baru ini di Boston, ancaman teroris terhadap Amerika Serikat tetap jadi prioritas utama kami,” kata Muller di depan panel Senat pada Rabu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5172 seconds (0.1#10.140)