Jet sewaan WikiLeaks siap bawa Snowden ke Islandia

Jum'at, 21 Juni 2013 - 10:57 WIB
Jet sewaan WikiLeaks siap bawa Snowden ke Islandia
Jet sewaan WikiLeaks siap bawa Snowden ke Islandia
A A A
Sindonews.com - Sebuah jet pribadi sewaan, siap untuk menerbangkan whistleblower NSA, Edward Snowden dari Hong Kong ke Islandia. Demikian pernyataan seorang pengusaha yang terkait dengan situs whistleblower, WikiLeaks pada Kamis (20/6/2013) malam.

”Di pihak kita semuanya sudah siap, dan pesawat bisa lepas landas besok,” kata Pengusaha Olafur Islandia, Sigurvinsson, yang juga kepala perusahaan DataCell, mitra WikiLeaks kepada stasiun televisi Channel2.

”Kami benar-benar telah melakukan semua yang bisa kita lakukan. Kami memiliki pesawat dan semua logistik (ada) di tempat. Sekarang kita hanya menunggu respons dari Pemerintah (Islandia),” tambah bos Datacell, yang menangani sumbangan untuk WikiLeaks.

Menurutnya, sebuah jet pribadi milik perusahaan China, telah disewa dengan biaya lebih dari USD 240 ribu (Rp 2,3 miliar) berkat sumbangan seseorang yang diterima oleh Datacell.

Sigurvinsson mengatakan, tidak mungkin Snowden akan melakukan perjalanan ke Islandia tanpa menerima lampu hijau dari pemerintah terkait. ”Ini akan menjadi bodoh, jika datang ke sini hanya untuk diekstradisi ke Amerika Serikat,” ujarnya.

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange yang bersembunyi di Keduataan Ekuador di London, pada Rabu mengatakan, bahwa ia telah melakukan kontak dengan perwakilan Snowden untuk membicarakan upaya permohonan suaka di Islandia, menyusul tindakan beraninya dalam membocorkan program penyadapan AS.

Menteri Dalam Negeri Islandia, Hanna Kristjansdottir pada Selasa, mengatakan bahwa pemerintah tidak merasa terikat dengan Resolusi Parlemen 2010, dan berusaha untuk menjadikan negaranya menjadi tempat yang aman bagi jurnalis dan whistleblower dari seluruh dunia. ”Resolusi itu bukan merupakan bagian dari hukum yang berlaku bagi pencari suaka," katanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5899 seconds (0.1#10.140)