Assange bantu Snowden agar dapat suaka di Islandia

Kamis, 20 Juni 2013 - 17:58 WIB
Assange bantu Snowden...
Assange bantu Snowden agar dapat suaka di Islandia
A A A
Sindonews.com - Pendiri Wikileaks, Julian Assange sedang mencoba untuk membantu whistleblower NSA, Edward Snowden supaya bisa dapat suaka di Islandia. Perdana Menteri (PM) Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson, mengaku sudah bicara dengan perantara Snowden soal tawaran suaka itu.

Dikutip BBC, Kamis (20/6/2013), Assange mengatakan, bahwa ia telah berbicara dengan pengacara Snowden yang kini melarikan diri ke Hong Kong sebelum membocorkan program penyadapan telepon dan internet oleh NSA.

Gunnlaugsson, mengatakan, mantan karyawan CIA berusia 29 tahun itu, perlu mengajukan permohonan suaka jika ingin berada di Islandia.

”Kami berhubungan dengan tim hukum Snowden dan telah terlibat, dalam proses permohonan suaka di Islandia,” kata Assange, dalam konferensi yang ia sampaikan dari Kedutaan Ekuador di London.Assange sendiri juga sedang berjuang melawan upaya ekstradisi dari Pemerintah Swedia yang menuduh Assange melakukan kejahatan seksual.

Sebelumnya, Snowden, telah bersumpah untuk melawan setiap upaya ekstradisi oleh AS. Pada Senin, Snowden sudah curiga bahwa para pejabat AS akan menghancurkan pengadilan untuknya dengan tuduhan pengkhianat.

”Pemerintah AS (akan melakukan), seperti yang mereka lakukan dengan whistleblower lainnya. Kemungkinan persidangan, secara terbuka menyatakan saya bersalah atas pengkhianatan dan pengungkapan rahasia, melakukan tindak pidana, hingga (tuduhan) inkonstitusional. Semua (dianggap) kejahatan yang tak termaafkan. Itu bukan keadilan, dan akan bodoh untuk menjadi sukarelawan,” ucap Snowden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)