Suriah kecam putusan Mesir hentikan hubungan diplomatik

Senin, 17 Juni 2013 - 01:41 WIB
Suriah kecam putusan Mesir hentikan hubungan diplomatik
Suriah kecam putusan Mesir hentikan hubungan diplomatik
A A A
Sindonews.com – Rezim Pemerintah Presiden Bashar al-Assad mengecam sikap Pemerintah Mesir yang memutuskan hubungan diplomatik kedua negara.

"Kami mengutuk sikap tidak bertanggung jawab Morsi yang mencerminkan usahanya untuk melaksanakan agenda dari Ikhwanul Muslimin," sebut sebuah sumber resmi di dalam tubuh Pemerintah Suriah, Minggu (16/6/2013), seperti dikutip dari Xinhua.

Satu hari sebelumnya, Presiden Mesir Mohammed Morsi menyatakan, negaranya memutuskan hubungan dengan Suriah, yang dalam dua tahun terakhir terlibat dalam perang saudara yang memakan korban puluhan ribu jiwa.

“Hari ini, Mesir secara definitif memutuskan hubungan dengan rezim di Suriah dan untuk menutup Kedutaan rezim di Kairo,” kata Morsi di hadapan ribuan massa yang menghadiri kampanya dukungan untuk rakyat Suriah di Stadion Kairo.

Ia juga menyerukan masyarakat internasional untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas Suriah. Morsi juga mengatakan, ia telah membuat kontak dengan negara-negara Arab dan Muslim untuk mengatur pertemuan darurat untuk membentuk dukungan bagi rakyat Suriah.

Morsi mengecam intervensi kuat Hizbollah Libanon dalam konflik di Suriah. Baru-baru ini, pejuang Hizbullah telah membantu pasukan Pemerintah Suriah dalam pertempuran melawan pemberontak di pusat Kota Qusayr.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5486 seconds (0.1#10.140)