Swedia pertimbangkan kurangi bantuan untuk Palestina

Sabtu, 15 Juni 2013 - 01:29 WIB
Swedia pertimbangkan...
Swedia pertimbangkan kurangi bantuan untuk Palestina
A A A
Sindonews.com – Swedia sedang mempertimbangkan pemotongan bantuan kepada Pemerintah Otoritas Palestina. Langkah ini diambil, karena kurangnya kemajuan dalam mencapai solusi dua-negara. Demikian disampaikan oleh Menteri Kerjasama Internasional Swedia, Gunilla Carlsson, Jumat (14/6/2013), seperti dikutip dari WAFA.

Dia mengatakan kepada Radio publik Swedia, bahwa bantuan diberikan kepada Palestina untuk membangun pemerintahan mereka di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Bantuan ini ditujukan untuk memperkuat sisi Palestina, menjelang tercapainya solusi dua negara dengan Israel.

"Apakah itu layak bagi kita untuk terus membantu mereka menciptakan kondisi yang diperlukan untuk solusi dua-negara, jika Israel dan Palestina sendiri tidak ingin duduk di meja perundingan?" ujar Carlsson.

"Saya tidak ingin tawar-menawar dengan bantuan pembangunan Swedia, tapi saya hanya bisa mengambil posisi di sisi pembayar pajak Swedia," katanya. "Mereka ingin melihat hasil. Dan, jika pra syarat tidak ada untuk mencapai hasil, maka Anda harus menerima konsekuensi," tambah Carlsson.

Menurut Radio Swedia, bantuan tahunan Swedia terhadap Palestina dapat dikurangi sebesar 200 juta Kronor (USD 31 juta) dari total bantuan 700 juta Kronor. Putusan Pemerintah Swedia ini mendapat kritikan dari kubu oposisi negara itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4992 seconds (0.1#10.140)