Pasukan keamanan Thailand tewas akibat ledakan bom

Senin, 10 Juni 2013 - 17:24 WIB
Pasukan keamanan Thailand tewas akibat ledakan bom
Pasukan keamanan Thailand tewas akibat ledakan bom
A A A
Sindonews.com - Sebuah ledakan terjadi di Distrik Yaring, sisi selatan wilayah Povinsi Pattani, Selasa (10/6/2013) pagi pukul 10.30 waktu setempat. Polisi lokal mengatakan, ledakan itu menewaskan seorang petugas keamanan dan satu orang lainnya.

"Ledakan itu terjadi setelah, sebuah unit pasukan keamanan tim tengah melakukan patroli menggunakan kendaraan dan melindas sebuah bom berbobot sekitar 4 kg yang dikubur dibawah tanah," ungkap seorang polisi Thailand.

"Dua anggota pasukan keamanan terluka, mereka segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Nahas, salah satu diantara mereka akhirnya meniggal dunia," imbuh polisi itu.

Hingga kini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Ledakan di distrik serupa terjadi enam hari yang lalu. Polisi Thailand mengatakan lima tentara luka akibat serangan bom di sebuah jalan yang terletak di pedesaan, di Distrik Yaring.

Saksi mata mengatakan, ledakan itu terjadi di saat tujuh tentara yang menjadi korban serangan bom tersebut sedang berpatroli sambil berjalan kaki. Mereka menjaga para guru yang tengah berada dalam perjalanan pulang menuju rumah

Namun, Polisi Thailand menyalahkan kelompok militan separatis atas ledakan tersebut.Pada 2004 lalu, sebuah aksi pemberontakan untuk meminta otonomi lebih besar muncul di wilayah Selatan Thailand yang berbatasan dengan Malaysia.

Sejak Januari 2004, lebih dari 5.000 orang tewas dan 9.000 ribu orang terluka dalam lebih dari 11 ribu insiden penyerangan yang terjadi di tiga provinsi di Thailand selatan yang berbatasan dengan Malaysia. Tiga provinsi itu adalah Yala, Pattani, Narathiwat, dan empat Distrik di Provinsi Songkhla.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7028 seconds (0.1#10.140)