Cetak sejarah, Sharif pimpin Pakistan tiga kali

Rabu, 05 Juni 2013 - 16:45 WIB
Cetak sejarah, Sharif pimpin Pakistan tiga kali
Cetak sejarah, Sharif pimpin Pakistan tiga kali
A A A
Sindonews.com – Parlemen Pakistan pada Rabu (5/6/2013) siap untuk melantik Nawaz Sharif sebagai Perdana Menteri (PM), setelah Partai Liga Muslim Pakistan pimpinannya memenangkan Pemilu 11 Mei lalu. Sharif akan mencetak sejarah, karena akan jadi PM Pakistan untuk yang ketiga kalinya.

Gaya memimpin Sharif yang tenang, mendapat pujian dari berbagai kalangan. Pengamat politik Pakistan, Talat Masood, menyebut keberhasilan Sharif menduduki kursi PM untuk ketiga kalinya, menunjukkan jika Sharif seorang negarawan yang cerdas.

”Saya pribadi berpikir bahwa ia telah mendapatkan banyak hal dalam beberapa tahun terakhir. Dia adalah seorang politikus yang jauh lebih matang. Dia telah memahami dinamika hubungan sipil-militer,” kata Masood kepada AFP, Rabu (5/6/2013)

Sahrif, 63, pernah digulingkan lewat kudeta militer pada 1999 dan dijatuhi hukuman seumur hidup. Menurut Masood, pengaruh Sharif telah mengakar kuat ke warga Pakistan. Masood menjulukinya “Singa” dari Punjab.

Sebelum nantinya resmi dipilih sebagai PM, Sharif tercatat pernah jadi PM Pakistan pada periode 1990-1993, dan 1997-1999. ”Dia jauh lebih matang, seimbang dan akan berpengalaman jadi PM untuk ketiga kalinya,” ujar Masood.

Tampuk kekuasaan Pakistan yang akan dipegang Sharif tak lepas dari keberhasilan Partai Liga Muslim Pakistan yang sukses mengamankan 176 kursi parlemen, dan dinyatakan menang dalam Pemilu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5470 seconds (0.1#10.140)