Cegah aksi kriminal baru, Afsel bikin basis DNA

Rabu, 05 Juni 2013 - 13:11 WIB
Cegah aksi kriminal baru, Afsel bikin basis DNA
Cegah aksi kriminal baru, Afsel bikin basis DNA
A A A
Sindonews.com - Afrika Selatan (Afsel) akan membuat data base DNA pertama untuk membantu mencegah aksi kejahatan. Demikian pernyataan resmi pemerintah Afsel, pada Selasa (4/6/2013).

Menurut pihak Komunikasi dan Sistem Informasi (GCIS) Pemerintah Afsel, kebijakan itu diperkuat dengan pembentukan RUU yang akan dibahas Majelis Nasional (parlemen) Afsel, sebelum menutup masa reses musim dingin pada 21 Juni mendatang.

Selama ini, DNA menjadi bukti yang ditinggalkan pelaku kejahatan di tempat kejadian perkara (TKP).
Pengumpulan bukti DNA, menurut pihak GCIS, akan dilakukan personel terlatih khusus. Hasil kerja personel khusus itu, dapat dipakai polisi untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan.

DNA juga dapat dikumpulkan dari bagian pipi pelaku kejahatan, yang nantinya diuji secara forensik. Sampai saat ini, Afsel tidak memiliki hukum yang memungkinkan polisi untuk mengumpulkan sampel DNA, termasuk oleh personel khusus dan polisi terlatih dalam pengumpulan DNA.

Pihak GCIS mengatakan, payung hukum untuk membawa perubahan secara radikal dalam pengumpulan barang bukti kejahatan akan dipertimbangkan untuk kemudian disusun menjadi RUU. ”Jika mereka melakukannya, para tahanan ini akan diuji jaringan DNA-nya,” demikian pernyataan GCIS, dikutip Xinhua, Rabu (5/6/2013).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5467 seconds (0.1#10.140)