Warga Gaza peringati 3 tahun serangan Israel ke armada bantuan

Sabtu, 01 Juni 2013 - 21:03 WIB
Warga Gaza peringati 3 tahun serangan Israel ke armada bantuan
Warga Gaza peringati 3 tahun serangan Israel ke armada bantuan
A A A
Sindonews.com – Warga Palestina di Jalur Gaza yang dikuasasi Hamas, mempertingati momen tiga tahun serangan Angkatan Laut Israel pada armada bantuan untuk Gaza, Jumat (31/5/2013). Dalam momen itu, puluhan anak-anak Gaza melemparkan bunga ke laut untuk mengenang para aktivis yang tewas dalam serangan itu.

Dalam serangan yang terjadi pada 31 Mei 2010, sembilan aktivis tewas dan puluhan luka-luka saat pasuskan Israel menyerang armada bantuan yang hendak disalurkan ke Gaza. Enam kapal yang berlayar menuju pantai Jalur Gaza itu membawa bantuan kemanusiaan dan medis.

Kapal-kapal itu berupaya menembus blokade Israel. Blokade dilakukan Israel, setelah Hamas menguasai daerah kantung Palestina pada 2007. Namun, armada itu diserang oleh Angkatan Laut Israel.

Karena dapat tekanan internasional pasca insiden itu, Israel akhirnya melonggarkan blokade dan membiarkan bantuan mengalir ke Jalur Gaza. Dari sembilan aktivis yang tewas kala itu, delapan di antaranya adalah warga Turki.

Wakil Menteri Luar Negeri Hamas, Ghazi Hammad mengatakan, pengorbanan para aktivis adalah peristiwa bersejarah dan perjuangan yang mengesankan dalam perlawanan terhadap blokade Israel di Jalur Gaza.

Sedangakan Ketua Organisasi Kemanusiaan Turki yang berbasis di Gaza, Mahmet Caya, seperti dilansir Reuters, Sabtu (1/6/2013), mengatakan, negaranya tidak akan menghentikan usahanya untuk membuktikan Israel adalah pihak yang bersalah dalam insiden itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7021 seconds (0.1#10.140)