PM Libya bantah tuduhan Nigeria

Senin, 27 Mei 2013 - 23:07 WIB
PM Libya bantah tuduhan Nigeria
PM Libya bantah tuduhan Nigeria
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Libya Ali Zeidan membantah tuduhan pihak berwenang Nigeria yang menyatakan, bahwa kelompok yang melakukan penyerangan di wilayah Nigeria pada pekan lalu berasal dari Libya.

“Militan Islam yang melakukan dua serangan pekan lalu di Nigeria dan menewaskan 38 orang, tidak datang dari Libya, seperti yang dituduhkan oleh pihak berwenang Nigeria,” tegas Zeidan, Senin (27/5/2013), seperti dikutip dari newsdaily.

“Tuduhan tersebut tanpa dasar," kata Zeidan setelah bertemu dengan Presiden Uni Eropa, Herman Van Rompuy di Kota Brussels, Belgia. "Itu (mantan diktator Muamar) Khadafi yang mengekspor terorisme. Libya yang baru tidak akan mentolerir terorisme,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Nigeria Mahamadou Issoufou mengatakan, bahwa para penyerang yang membom sebuah pangkalan militer dan tambang uranium yang dikelola Perancis, memasuki negara itu dari selatan Libya. Issoufou juga telah memperingatkan, bahwa serangan lebih lanjut sedang direncanakan di Chad.

Dalam kesempatan itu, Zeidan juga meminta Nigeria untuk menyerahkan Saadi Khadafi, salah satu putra Muamar Khadafi, dan pejabat lainnya. Orang-orang ini dilaporkan telah mencari suaka di negara Afrika barat.

Zeidan mengatakan pada Rompuy, bahwa Libya bertekad untuk memutuskan hubungan dengan masa lalu dan akan melakukan yang terbaik untuk kebijakan di perbatasannya. Para pemimpin Uni Eropa telah sepakat untuk mengirim misi bantuan sipil ke perbatasan Libya untuk membantu negara itu kembali kontrol yang efektif di perbatasan darat, laut, dan udara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)