Hamas kecam pernyataan Menlu AS

Senin, 22 April 2013 - 23:37 WIB
Hamas kecam pernyataan Menlu AS
Hamas kecam pernyataan Menlu AS
A A A
Sindonews.com – Para pemimpin Hamas mengecam pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry, yang telah mendesak Perdana Menteri Turki untuk menunda kunjungan ke wilayah Palestina di Jalur Gaza.

Juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri menuduh Kerry dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang bertemu di Istanbul pada hari sebelumnya, telah melakukan kolusi dalam upaya untuk mempertahankan blokade Israel di Gaza.

"Hamas mengecam posisi AS yang menyerukan pembatalan kunjungan PM Turki Recep Tayyip Erdogan ke Gaza. Ini membuktikan keterlibatan AS dalam menahbiskan blokade Gaza," kata Zuhri dalam sebuah pernyataan, Senin (22/4/2013).

AS khawatir, kunjungan Erdogan itu akan menyulitkan upaya untuk mengembalikan hubungan Turki-Israel yang memburuk sejak tewasnya Sembilan aktivis Turki dalam serangan yang dilakukan pasukan Israel di atas kapal bantuan Turki yang menuju Gaza pada 2010 silam.

Sebagai sekutu Turki dan Israel, AS berupaya mendamaikan kedua negara. Dalam kunjungan ke Israel beberapa waktu lalu, Presiden AS Barack Obama memprakarsai percakapan telepon antara PM Israel Benjamin Netanyahu dengan Erdogan. Dalam kesempatan itu, Netanyahu menyampaikan permintaan maafnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6528 seconds (0.1#10.140)