Korsel berniat bangun kantor polisi dekat pulau sengketa

Jum'at, 19 April 2013 - 20:09 WIB
Korsel berniat bangun kantor polisi dekat pulau sengketa
Korsel berniat bangun kantor polisi dekat pulau sengketa
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) berencana mendirikan sebuah kantor polisi kelautan di Pulau Ulleung, pulau yang letaknya berdekatan dengan pulau yang disengketakan dengan Jepang.

"Tahun ini, pemerintah akan membangun sebuah kantor polisi di Pulau Ulleung, sekitar 90 km dari sisi barat pulau yang disengketakan dengan pemerintah Jepang. Pembangunan kantor polisi ini merupakan langkah pengetatan pengawasan Pulau Dokdo," sebuah pernyataan Departemen Kelauatan dan Perikanan Korsel.

Pulau Ulleung berseberangan dengan Pulau Dokdo yang sedang diperebutkan antara Korsel dan Jepang. Sejak 1910 hingga 1945, Pemerintah Korsel telah mempertahankan kontrol atas Pulau Dokdo.

Sengketa merebutkan Pulau Dokdo atau yang dikenal dengan nama Takeshima oleh penduduk Jepang. menjadi sumber pertikaian diplomatik antara Korsel dan Jepang.

Sementara itu, warga Korsel menilai klaim Jepang atas Pulau Dokdo menjadi sebuah pertanda bahwa pemerintah Jepang tidak pernah jera. Sebelumya, kunjungan perdana mantan Presiden Korsel, Lee Myung-bak ke Pulau Ulleung, sempat menuai berbagai protes dari penduduk Jepang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6307 seconds (0.1#10.140)