Obama: Korut tak memiliki rudal nuklir

Rabu, 17 April 2013 - 21:54 WIB
Obama: Korut tak memiliki rudal nuklir
Obama: Korut tak memiliki rudal nuklir
A A A
Sindonews.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan, Korea Utara (Korut) tidak memiliki kemampuan untuk mempersenjatai rudal balistik mereka dengan hulu ledak nuklir. Hal ini diungkapkan Obama dalam sebuah wawancara dengan NBC, Selasa (16/4/2013).

Ketika ditanya apakah Korut memiliki kemampuan untuk menempatkan senjata nuklir pada rudal balistik? Obama menjawab, "Berdasarkan penilaian intelijen kami saat ini, kami tidak berpikir bahwa mereka memiliki kapasitas tersebut."

Tapi, Obama juga menekankan, bahwa Washington sedang mempersiapkan setiap kemungkinan yang terjadi di Semenanjung Korea. "Itu sebabnya, saya mereposisi sistem pertahanan rudal untuk menjaga terhadap setiap perhitungan di pihak mereka," kata Obama.

Obama memperingatkan, bahwa Korut bisa bersikap lebih provokatif selama beberapa pekan ke depan. Namun, ia tetap berharap keadaan akan bergerak ke fase yang berbeda, di mana mereka mencoba untuk bekerja melalui diplomasi untuk mengatasi masalah ini.

Saat ini, situasi di Semenanjung Korea memang kian memanas. Korut telah beberapa kali mengeluarkan ancaman terhadap Korsel dan AS, setelah negara komunis itu dijatuhi sanksi baru oleh PBB. Sanksi baru ini dijatuhkan, karena Korut kembali melakukan uji coba nuklir pada 12 Februari silam.

Selain menebar ancaman, Korut juga sudah mengeluarkan peringatan bagi staf diplomatik dan perwakilan asing di Pyongyang, serta peringatan bagi warga asing yang berada di Korsel. Peringatan itu berisi imbauan agar warga asing meninggalkan Korsel, karena perang bisa meletus setiap saat. Sementara staf diplomatik negara-negara sing di Pyongyang, di minta untuk mempertimbangkan evakuasi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5770 seconds (0.1#10.140)