Korsel siap cegat rudal Korut

Kamis, 11 April 2013 - 22:52 WIB
Korsel siap cegat rudal Korut
Korsel siap cegat rudal Korut
A A A
Sindonews.com – Korea Selatan (Korsel) menyatakan, sistem pertahanan rudal yang mereka miliki dapat mencegat rudal yang mungkin diluncurkan oleh Korea Utara (Korut) ke wilayah Korsel. Demikian ditegaskan oleh Kementerian Pertahanan Korsel, Kamis (11/4/2013).

"Kami memiliki rudal Patriot. Tapi, rudal ini tidak bisa mencakup semua wilayah nasional. Namun, jika (rudal Korut) datang ke dalam wilayah kami, kami dapat menjatuhkan (rudal-rudal) itu," tandas Kim Min-seok, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Nasional Korut dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Xinhua.

Saat ini, Korsel mengoperasikan program pertahanan rudal Patriot (PAC)-2, yang memiliki kemampuan untuk menembak jatuh rudal dan pesawat di ketinggian 30 kilometer. "Militer kami berada dalam posisi kesiapan penuh, mengingat kekhawatiran rudal Korut dapat mengancam keselamatan wilayah kita dan warga negara," lanjut Min-seok.

Menteri Luar Negeri Korsel, Yun Byung-se mengatakan kepada anggota parlemen pada Rabu (10/4/2013), bahwa ada kemungkina Korut akan melakukan tes peluncuran nuklir setiap saat. Sementara Menteri Pertahanan Korsel, Kim Kwan-jin mengatakan pada pertengahan pekan lalu, bahwa Pyongyang telah memindahkan rudal jarak menengah mereka ke pantai timur.

"Jelang uji coba rudal tersebut, militer Korsel telah meningkatkan status pertahanan menjadi Watchcon, satu tingkat dari pengawasan dan pemantauan serta peningkatan jumlah staf intelijen dari situasi normal," ungkap pejabat militer Korsel, seperti dilansir Yonhap.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5712 seconds (0.1#10.140)
pixels