Obama tegaskan ikatan tak terpisahkan dengan Israel

Rabu, 20 Maret 2013 - 18:54 WIB
Obama tegaskan ikatan tak terpisahkan dengan Israel
Obama tegaskan ikatan tak terpisahkan dengan Israel
A A A
Sindonews.com – Sesuai rencana, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menginjakan kaki di Tel Aviv, Israel, Selasa (20/3/2013). Ini adalah lawatan pertama Obama ke negara Yahudi setelah menjabat sebagai Presiden AS.

Sesaat setelah tiba di Tel Aviv, Obama langsung menegaskan komitmen AS terhadap keamanan Israel. "Saya melihat kunjungan ini sebagai kesempatan untuk menegaskan kembali ikatan tak terpisahkan antara bangsa kita, untuk menyatakan kembali keteguhan komitmen untuk keamanan Israel dan untuk berbicara langsung kepada warga Israel dan tetangga Anda," kata Obama pada upacara penyambutannya di bandara Tel Aviv, seperti dikutip dari Reuters.

"Saya yakin dalam menyatakan, bahwa aliansi kami adalah kekal dan selamanya," tambah Obama. Presiden kulit hitam pertama AS itu juga menegaskan, bahwa perdamaian harus datang ke Tanah Suci.

"Perdamaian harus datang ke Tanah Suci. Kami tidak akan pernah melupakan Israel dalam upaya damai dengan tetangga-tetangganya," kata Obama yang disambut oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Israel Shimon Peres di bandara Ben Gurion, Tel Aviv.

Dalam kesempatan itu, Netanyahu menyampaikan rasa terima kasih pada Obama karena telah membela keberadaan Israel. "Terima kasih untuk membela hak Israel untuk eksis," kata Netanyahu.

Selain Israel, Obama juga dijadwalkan mengunjungi Kota Ramallah di Tepi Barat pada Kamis 21 Februari dan Jordania. Di Ramallah, Obama diagendakan bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dan sejumlah pejabat tinggi Palestina lainnya. Banyak pihak berharap, kunjungan Obama ini bisa menghidupkan kembali perundingan damai antara Palestina dan Israel yang telah terhenti selama dua tahun.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6684 seconds (0.1#10.140)