Venezuela pastikan keberlangsungan kemitraan strategis dengan Rusia

Jum'at, 08 Maret 2013 - 19:28 WIB
Venezuela pastikan keberlangsungan kemitraan strategis dengan Rusia
Venezuela pastikan keberlangsungan kemitraan strategis dengan Rusia
A A A
Sindonews.com - Nicolas Maduro, Wakil Presiden Venezuela meyakinkan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa kemitraan strategis Venezuela-Rusia akan terus berlangsung pasca wafatnya Presiden Venezuela, Hugo Chavez. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Maduro saat berbicara dengan Putin lewat telepon, Jumat (8/3/2013).

Dalam situs resmi Pemerintah Rusia dikabarkan, saat melakukan percakapan telepon dengan Maduro untuk mengutarakan ungkapan belasungkawa atas kematian Chavez, Putin sempat menyinggung bahwa Rusia berharap hubungan persahabatan dan kerjasama yang menguntungkan antara Rusia-Venezuela dapat terus berkembang.

Maduro pun, menyakinkan Putin bahwa kemitraan strategis itu akan terus berlangsung. Sementara itu, saat melakukan kunjungan ke kota Vologda, Rusia, Putin mengatakan, masa depan hubungan Rusia dengan Venezuela sangat bergantung pada orang yang akan memimpin Venezuela di masa depan.

"Kami sendiri ingin kelanjutan hubungan bilateral dengan Venezuela," ungkap Putin seperti dilansir RIA Novosti. Selama dipimpin Chavez, hubungan bilateral Rusia-Venezuela tumbuh menjadi hubungan yang saling menguntungkan di bidang energi dan persenjataan. Perusahaan Rusia terlibat langsung dalam pengembangan lima proyek minyak utama di Venezuela.

Putin memuji warisan pemerintahan Chavez dan menyebut dia sebagai pemimpin yang memiliki kemauan politik yang kuat dan selalu memproritaskan kepentingan rakyatnya. "Selama dia memimpin, kami telah membangun hubungan persahabatan bilateral yang baik dan hangat. Hal itu terus mempererat masa depan hubungan kami," ungkap Putin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6336 seconds (0.1#10.140)