Pengamat: Chavez merupakan tokoh inspirasi dunia

Kamis, 07 Maret 2013 - 07:30 WIB
Pengamat: Chavez merupakan tokoh inspirasi dunia
Pengamat: Chavez merupakan tokoh inspirasi dunia
A A A
Sindonews.com - Presiden Venezuela Hugo Rafael Chavez Frias meninggal dunia di usia 58 tahun. Chavez meninggal dunia setelah dua tahun bergulat melawan penyakit kanker yang dideritanya.

Chavez merupakan tokoh inspiratif bagi siapa saja yang mengidolakan ketegasan yang dipimpinnya. Tidak menutup kemungkinan tokoh-tokoh nasional yang ada di Indonesia, mengidolakan Chaves sebagai sosok yang tegas.

"Chavez kerap kali dijadikan inspirasi banyak tokoh Indonesia yang merujuk ke Chavez. Chavez tegas, kalau Presiden Susilo bambang Yudhoyono (SBY) kan tidak tegas," kata pengamat internasional dari Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana saat dihubungi Sindonews, Kamis (7/3/2013).

Dia mengatakan, Chavez merupakan sosok pemimpin yang cinta terhadap rakyatnya. Dia ingin rakyatnya menikmati kekayaan sumber daya alam (SDA), seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijual murah terhadap rakyatnya.

"Dia memang sosok yang memperjuangkan harga BBM (murah) untuk rakyatnya," tambah guru besar hukum internasional UI itu.

Setelah Chavez wafat, Menteri Luar Negeri Venezuela, Elias Jaua mengatakan, Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengambil jabatan sebagai Presiden sementara Venezuela dan pemerintah akan menyelenggarakan pemilu dalam 30 hari mendatang.

"Ini adalah mandat yang diberikan oleh Presiden Hugo Chavez kepada kami," ungkap Jaua dalam sebuah siaran langsung di stasiun Tv Venezuela, seperti dilansir Reuters, Selasa (6/3/2013). Jaua mengatakan, untuk menggantikan Chavez tidak ada prosedur konstitusi yang mutlak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6831 seconds (0.1#10.140)
pixels