Media AS salah kutip ucapan PM Jepang

Jum'at, 22 Februari 2013 - 18:02 WIB
Media AS salah kutip...
Media AS salah kutip ucapan PM Jepang
A A A
Sindonews.com - Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga pada Jumat (22/2/2013) menjelaskan, bahwa salah satu surat kabar Amerika Serikat (AS) melakukan salah kutip terkait pernyataan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe soal China, dalam sebuah wawancara. Kesalahan kutip ini telah menyebabkan kesalahpahaman.

Menanggapi pertanyaan Xinhua pada konferensi pers, Suga mengatakan, Pemerintah Jepang telah mengklarifikasi ke pihak China, bahwa Washington Post salah mengutip kata-kata Abe dan menyebabkan kesalahpahaman.

Washington Post menerbitkan sebuah wawancara dengan Abe pada Kamis 21 Februari. Dalam wawancara itu, Abe menyatakan bahwa China memiliki perdebatan yang "mendarah daging" dengan Jepang dan negara tetangga Asia lainnya soal batas wilayah.

Kementerian Luar Negeri China mengaku tercengang dengan pernyataan Abe itu. Namun, Suga mengaku telah menjelaskan hal ini ke China. Menurutnya, Abe justru berulang kali menekankan, bahwa hubungan Jepang-Cina tetap menjadi salah satu hubungan bilateral yang paling penting bagi Jepang.

“Dan, Jepang akan mendorong hubungan bilateral strategis dan saling menguntungkan melalui perspektif keseluruhan,” jelas Suga.

Abe sendiri telah berada di Washington, AS, sejak Kamis 21 Februari untuk melakukan pertemuan dengan Presiden AS, Barack Obama. Pertemuan dijadwalkan berlangsung pada Jumat (22/2/2013) di Gedung Putih.

Setelah bertemu, Abe dan Obama dijadwalkan akan makan siang bersama. Namun, keduanya tidak dijadwalkan untuk menggelar konferensi pers bersama. Pada sore harinya, Abe akan memberikan pidato di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), yang berbasis di Washington.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9598 seconds (0.1#10.140)