Jepang kecam uji coba nuklir Korut

Selasa, 12 Februari 2013 - 19:21 WIB
Jepang kecam uji coba nuklir Korut
Jepang kecam uji coba nuklir Korut
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan, Jepang mengecam keras uji coba nuklir Korea Utara (Korut), Selasa (12/2/2013). Kecaman tersebut disampaikan setelah pemerintah Korut mengklaim sukses melakukan uji coba nuklir.

Abe menilai langkah tersebut merupakan bentuk pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. Dalam rapat dengan Komisi Anggaran Majelis Rendah Jepang, Abe mengatakan, Pemerintah Jepang akan mempertimbangkan keputusan untuk menjatuhkan sanksi pada Korut sebagai bentuk reaksi atas uji coba nuklir tersebut.

Rapat tersebut sengaja digelar untuk membahas gempa bumi yang terjadi di Korut. Negara komunis itu mengklaim telah berhasil melakukan uji coba nuklir ketiga yang dilakukan di bawah tanah.

Diyakini, uji coba tersebut dilakukan di fasilitas nuklir Punggye-ri, pukul 11.57 siang waktu setempat. Uji coba ini bertepatan dengan laporan gempa berkekuatan 4,9 Skala Richter yang diungkapkan oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Kantor berita resmi Korut, KCNA mengungkapkan, uji coba tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan nasional mereka guna melawan kebijakan permusuhan Amerika Serikat (AS), seperti dilansir Xinhua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5938 seconds (0.1#10.140)