3 dokter Korut di bunuh di Nigeria

Senin, 11 Februari 2013 - 07:58 WIB
3 dokter Korut di bunuh...
3 dokter Korut di bunuh di Nigeria
A A A
Sindonews.com - Tiga orang dokter berkebangsaan Korea Utara tewas ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di rumahnya di negara bagian Yobe, wilayah timur laut Nigeria, Minggu (10/2/2013). Pemerintah setempat menduga ketiganya dibunuh oleh kelompok islamis Nigeria.

"Itu benar. Ada tiga orang dokter dibunuh saat mereka tengah tertidur di rumah mereka," ungkap Sanusi Rufai, Komisaris Kepolisian negara bagian Yobe seperti dilansir RIA Novosti, Senin (10/2/2013).

Rufai menuturkan mayat ketiga dokter tersebut ditemukan Minggu pagi di flat mereka di kota Potiskum. Salah satu dari tiga jasad ditemukan dalam kondisi terpenggal, sementara dua orang lainya tewas setelah pembunuh memotong tenggorokannya.

"Mereka merupakan petugas medis yang berkerja di sebuah rumah sakit yang dikelola pemerintah," imbuh Rufai.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, termasuk kelompok militan islamis Boko Haram. Diduga, serangan ini dilancarkan oleh Boko Haram, kelompok militan yang paling aktif melancarkan serangan di wilayah utara Nigeria.

Aksi pembunuhan ini terjadi dua hari setelah sejumlah pria bersenjata melancarkan dua serangan terpisah di Kota Kano. Sambil mengendarai sepeda motor mereka menembak mati 9 petugas kesehatan Nigeria yang tengah menjalankan program vaksinasi polio.

Tahun lalu, aksi Boko Haram telah menewaskan ratusan orang di negara yang memiliki umat Muslim dan Kristen sama banyaknya itu. Kelompok ini dipandang sebagai ancaman paling serius bagi stabilitas di negara produsen energi utama di Afrika barat. Pemerintah Nigeria khawatir, negara itu bisa jadi markas bagi kelompok-kelompok teroris yang terkait dengan al-Qaeda.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)