PM China rayakan Imlek bersama korban bencana alam

Minggu, 10 Februari 2013 - 16:38 WIB
PM China rayakan Imlek...
PM China rayakan Imlek bersama korban bencana alam
A A A
Sindonews.com- Perdana Menteri China Wen Jiabao menghabiskan malam Tahun Baru Imlek bersama korban bencana gempa dahsyat 2008 dan tanah longsor 2010 di Shaanxi, Provinsi Gansu, barat China.

Prihatin dengan proses rekonstruksi wilayah yang dilanda bencana, sepanjang hari Jumat dan Sabtu, Jiabaou melakukan perjalanan sejauh 720 km untuk bertemu dengan berbagai kelompok etnis yang menjadi korban bencana alam tersebut.

Mengawali kunjunganya, Jiabao berkujung ke sebuah monumen untuk mengenang bencana tanah longsor pada 8 Agustus 2010 silam di Zhugqu, wilayah terparah yang dipukul bencana. Dia meletakan sebuah karangan bunga untuk mengenang lebih dari 1.700 orang dilaporkan tewas dalam bencana alam itu.

"Saya merasa lega ketika saya melihat kehidupan anda dan kondisi produksi telah berkembang sangat baik," ungkap Jiabaou seperti dilansir Xinhua, Minggu (10/2/2013).

Jiabao berkomunikasi langsung dengan para korban bencana. Dia menayakan beberapa hal terkait kondisi mereka pasca gempa, seperti besar biaya yang mereka keluarkan untuk membangun sebuah rumah, berapa besar subsidi yang diberikan oleh pemerintah daerah terhadap mereka.

Dia mendesak pejabat setempat untuk melanjutkan pembangunan yang berkesinambungan dengan memanfaatkan sumber daya lokal, serta memberikan pelatihan keterampilan sehingga dapat memperluas sumber pendapatan.

Dalam kesempatan itu, PM China juga mengunjungi industri minyak zaitun di wilayah selatan Ganzu. Dia menyerukan memperbesar industri minyak zaitun yang terbukti sukses meningkatkan pedapatan petani setempat.

Menyambut datangnya Tahun Baru Ular Air, Jiabao sengaja menyempatkan diri untuk makan malam dengan para penduduk Desa Zhugqu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5729 seconds (0.1#10.140)