Fidel Castro muncul di hadapan publik

Senin, 04 Februari 2013 - 19:39 WIB
Fidel Castro muncul di hadapan publik
Fidel Castro muncul di hadapan publik
A A A
Sindonews.com – Mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro memberikan suara dalam pemilihan umum di Kuba, Minggu (3/2/2013). Dalam kesempatan itu, ia bercakap-cakap dengan simpatisan dan wartawan Kuba di Havana selama lebih dari satu jam.

Ini adalah penampilan publik pertama Castro sejak 2010. Sejak jatuh sakit pada 2006 dan menyerahkan kekuasaan pada adik kandungnya, Raul Castro pada 2008, Fidel memang jarang tampil lagi di hadapan publik.

Dengan tubuh bungkuk dan jenggot yang memutih, Castro yang saat ini berusia 86 tahun, memuji partisipasi rakyat dalam proses pemilu di negara itu. Dalam kesempatan itu pula, ia berbicara tentang upaya reformasi ekonomi, integrasi Amerika Latin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, dan hal-hal lainnya.

"Rakyat Kuba benar-benar revolusioner, mereka benar-benar siap berkorban. Kami tidak perlu membuktikannya, sejarah yang akan membuktikannya. Lima puluh tahun blokade dan mereka tidak mengeluh," kata Fidel.

Rakyat Kuba pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih 612 deputi untuk Majelis Nasional dan 1.000 Majelsi Provinsi. Presiden Raul Castro dan para pemimpin Kuba lainnya juga ambil bagian dalam pemilu ini.

Raul Castro mengomentari pentingnya pemilu sebagai bentuk dukungan bagi reformasi dan kemerdekaan dari Amerika Serikat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6207 seconds (0.1#10.140)