Iran gantung 5 penjual 1 ton opium

Sabtu, 02 Februari 2013 - 18:39 WIB
Iran gantung 5 penjual 1 ton opium
Iran gantung 5 penjual 1 ton opium
A A A
Sindonews.com - Departemen Peradilan Iran mengatakan, penjara Iran di Provinsi Kerman telah melangsungkan hukuman gantung lima narapidana. Kelima orang tersebut dinyatakan bersalah karena terlibat dalam perdagangan narkotika, seperti dilaporkan kantor berita ISNA, Sabtu (2/2/2013).

"Kelima pria tersebut dikirim ke tiang gantung di Kota Kerman karena telah menjual lebih dari 1 ton opium beserta kepemilikan sejumlah senjata militer, Rabu lalu," ungkap Departemen Peradilan Iran dalam sebuah pernyataan.

Iran memang melakukan kebijakan untuk menjatuhkan hukuman mati para pelaku kejahatan perampokan bersenjata, perdagangan narkoba, dan perzinahan. Iran merupakan salah satu negara yang melakukan eksekusi mati paling banyak di dunia. Selain Iran, China, Arab Saudi, dan Amerika Serikat juga kerap melakukan eksekusi hukuman mati.

Kelompok HAM yang berbasis di New York, Amnesty International telah mengutuk eksekusi mati ini. Namun, Teheran menilai hukuman mati penting dipertahankan demi ketertiban, mengingat hukuman tersebut hanya akan dijatuhkan melalui sebuah proses peradilan yang terjamin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3320 seconds (0.1#10.140)