China dukung hak nuklir Iran

Sabtu, 02 Februari 2013 - 18:38 WIB
China dukung hak nuklir Iran
China dukung hak nuklir Iran
A A A
Sindonews.com - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei mengatakan, Pemerintah China mendukungan hak Iran untuk mengembangkan energi nuklir demi tujuan damai. Mereka juga mendukung sikap kooperatif pemerintah Iran dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA), seperti dilasir dalam Presstv, Sabtu (2/2/2013).

"China selalu menilai bahwa dialog dan kerjasama merupakan satu-satunya cara yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah nuklir Iran. Pemerintah akan selalu mendoron Iran untuk lebih bekerja sama dengan IAEA," ungkap Lei

Lei menambahkan Iran sebagai negara penandatangan perjanjian nuklir Non-Proliferation Treaty (NPT) punya hak untuk mengembangkan energi nuklir.

Dukungan China terhadap Iran disampaikan jelang putaran baru putaran negosiasi baru antara Iran dan IAEA pada 12 Febrruari mendatang di Tehran, Iran. Seperti diketahui, pembicaraan nuklir Iran yang digelar antara Iran IAEA pada 16 - 17 Januari lalu nampaknya telah gagal untuk mencapai sebuah kesepakatan terbaru. Namun, kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan putaran negosiasi baru.

Negara barat, Amerika Serikat dan sekutu menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir dengan kedok program nuklir sipil. Sementara Iran membantah tuduhan itu dan bersikeras bahwa program nuklirnya adalah hanya untuk tujuan damai. Menteri Pertahanan Iran, Bigjen Ahmad Vahidi mengatakan pihak barat seharusnya mempercayai Iran.

Sebab, Pemimpin Revolusi Iran, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei mengeluarkan fatwa bahwa pengembangan nuklir untuk keperluan pembuatan senjata pemusnah masal adalah haram. Sebelumnya pada 22 Februari 2012 lalu, Khamenei mengatakan bahwa Iran tidak pernah berusaha membuat senjata nuklir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6153 seconds (0.1#10.140)