PM Malaysia kunjungi Jalur Gaza

Selasa, 22 Januari 2013 - 21:23 WIB
PM Malaysia kunjungi Jalur Gaza
PM Malaysia kunjungi Jalur Gaza
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak melakukan kunjungan ke Jalur Gaza, Selasa (22/1/2013). Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap Bangsa Palestina dan dukungan terhadap upaya rekonsiliasi dua faksi terbesar di negara itu, Fatah dan Hamas.

"Kunjungan ini untuk menunjukkan solidaritas dan dukungan kami terhadap perjuangan rakyat Palestina. Kita mungkin datang dari ribuan mil jauhnya, tapi kami adalah salah satu Umma (negara Muslim) dan kami percaya pada perjuangan rakyat Palestina," kata Razak, seperti dikutip dari AsiaOne.

Najib yang masuk ke Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah dari Mesir, melakukan kunjungan bersama dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman dan sejumlah pejabat lainnya. Razak disambut oleh Perdana Menteri Hamas, Ismail Haniya.

Najib juga menyatakan dukungan bagi upaya rekonsiliasi Hamas dan diperbaharui oleh gerakan Fatah Palestina, termasuk upaya untuk membentuk pemerintah konsensus untuk membuka jalan bagi pemilihan umum baru di Palestina.

"Kami percaya dalam pemerintah persatuan dan kami berdoa kepada Allah bahwa pembicaraan akan berhasil dan pemerintah bersatu di Palestina akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat," kata Najib.

Haniya menggunakan konferensi pers bersama Najib ini untuk membuat referensi soal pemilihan legislatif di Israel. Ia memperingatkan bahwa tren pemilu Israel menunjukkan langkah dari pemerintah ekstrimis ke pemerintah lebih ekstrim.

Setelah konferensi pers itu, Najib mengunjungi rumah sakit Shifa di Gaza City dan Gedung Parlemen. Delegasi Malaysia diharap bisa memberikan pasokan medis bagi rumah sakit di Gaza.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5187 seconds (0.1#10.140)