KBRI New Delhi gelar sosialisasi perlindungan WNI perempuan di India

Selasa, 22 Januari 2013 - 18:14 WIB
KBRI New Delhi gelar...
KBRI New Delhi gelar sosialisasi perlindungan WNI perempuan di India
A A A
Sindonews.com - Sekitar 25 orang WNI yang terdiri dari mahasiswi, perempuan Indonesia yang menikah dengan WNA dan anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI New Delhi menghadiri acara Sosialisasi Perlindungan Bagi WNI di Luar Negeri, khususnya Kaum Perempuan di India. Even ini dibuka secara resmi oleh Dubes RI New Delhi, Rizali Wilmar Indrakesuma, Minggu 20 Januari 2013.

“Bentuk-bentuk perlindungan apa saja yang bisa diberikan oleh KBRI pada WNI, khususnya kaum perempuan?", demikian salah satu pertanyaan yang mengemuka pada acara sosialisasi yang diselenggarakan di KBRI New Delhi tersebut.

Menurut Rizali, aspek perlindungan WNI merupakan salah satu prioritas penting dari diplomasi RI di luar negeri dan sejalan dengan pernyataan Menteri Luar Negeri pada acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri pada 4 Januari 2013. Lebih lanjut Rizali menyatakan, sosialisasi sebagai perwujudan komitmen KBRI New Delhi dalam memberikan pelayanan prima dan perlindungan kepada para WNI di India.

“Kiranya forum tersebut juga dapat memberikan manfaat khususnya bagi kaum perempuan Indonesia yang berdomisili di India dan sekitarnya mengenai perlindungan WNI di luar negeri” ujar Rizali, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI.

Materi sosialisasi yang disampaikan oleh pejabat konsuler KBRI New Delhi berupa dasar hukum perlindungan WNI, bentuk–bentuk pelayanan konsuler serta informasi mengenai hak–hak hukum wanita di India mendapatkan tanggapan positif dari peserta.

Selain itu, disampaikan pula materi-materi yang memang terkait dengan WNI perempuan di India seperti laporan pernikahan dan kelahiran, prosedur dwi kewarganegaraan bagi anak-anak dibawah 18 tahun dan langkah-langkah agar WNI perempuan terhindar dari masalah KDRT (kekerasan dalam rumah tangga).

Atensi para peserta atas materi yang disampaikan cukup besar. Hal tersebut terlihat dari ragam pertanyaan yang dikemukakan. Para peserta juga mencatat nomor-nomor telepon penting yang disampaikan KBRI sekiranya terdapat hal-hal yang perlu mendapatkan bantuan dari KBRI New Delhi.
Secara umum para peserta menyambut positif dan mengharapkan sosialisasi dapat dilaksanakan secara berkala sehingga dapat diperoleh wawasan serta pengetahuan yang berkelanjutan mengenai perlindungan WNI di luar negeri dan pelayanan kekonsuleran mengingat masih banyak WNI perempuan lainnya yang berhalangan hadir.

Acara tersebut merupakan awal dari serangkaian sosialisasi perlindungan bagi WNI di India yang direncanakan akan diselenggarakan di kantong–kantong WNI di wilayah akreditasi KBRI New Delhi sepanjang tahun 2013.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0714 seconds (0.1#10.140)