Tesco tarik daging sapi olahan

Rabu, 16 Januari 2013 - 13:36 WIB
Tesco tarik daging sapi olahan
Tesco tarik daging sapi olahan
A A A
Sindonews.com - Tesco Plc (TSCO), perusahaan penjual daging terbesar di Inggris, mengaku telah menarik beberapa produk daging sapi olahan mereka. Hal ini dilakukan setelah Otoritas Keamanan Pangan Irlandia menemukan DNA kuda pada produk mereka.

"Dua produk daging burger beku yang kami jual di Inggris dan Irlandia terkontaminasi DNA kuda. Perusahaan akan segera menarik produk tersebut dari pasaran," seperti tertulis dalam pernyataan perusahaan Tesco seperti diberitakan dalam bloomberg,Rabu (16/1/2013).

Saat ini Tesco tengah bekerja sama dengan pihak berwenang di Irlandia dan Inggris, serta pemasok untuk mencari tahu bagaimana hal ini terjadi. Mereka juga akan memastikan kejadian ini tidak akan terulang kembali. Untuk diketahui, daging yang terkontaminasi DNA kuda tersebut di produksi oleh perusahaan Tesco yang berada di Irlandia dan Inggris.

"Berdasarakan hasil pengujian yang kami lakukan, 27 persen dari daging sapi burger produksi Tesco mengandung DNA kuda. Sementara 23 persen lainya mengandung DNA babi. Dua produk burger sapi tersebut diproduksi di Irlandia dan Inggris," unggkap Alan Reilly kepala eksekutif Otoritas keamanan pangan Irlandia (15/1/2013).

Reilly menuturkan keberadaan DNA kuda dan babi dalam olahan daging burger sapi tersebut tidak menimbulkan dampak kesehatan pada konsumen. Namun, mereka mengaku khawatir dengan para konsumen Yahudi dan Muslim yang menghindari makan daging babi.

“Disamping itu, Penduduk Irlandia, tidak terbiasa mengkonsumdi daging kuda. Maka, kami tidak berharap untuk menemukan dua DNA tersebut dalam burger daging sapi," terang Reilly.

Penemuan DNA kuda dalam daging burger sapi sangat memalukan Tesco. Pasalnya, perusahaan ini tengah berjuang untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan produk bagi para konsumen mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3152 seconds (0.1#10.140)