4 Negara dengan Ketahanan Pangan Terbaik di Dunia

Jum'at, 15 April 2022 - 01:31 WIB
loading...
4 Negara dengan Ketahanan Pangan Terbaik di Dunia
4 Negara dengan Ketahanan Pangan Terbaik di Dunia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Negara di kawasan Eropa masih menguasai jajaran negara dengan ketahanan pangan terbaik di dunia. Hal tersebut diketahui berdasarkan data Global Food Security Index tentang Performance of Countries based on their 2021 food security score.

Jika melihat dari UU No.18/2012 tentang pangan, disebutkan bahwa ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, kualitas atau mutunya, dan terjangkau serta tidak bertentangan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat.

Lantas, negara mana sajakah yang termasuk dalam deretan negara dengan ketahanan pangan terbaik? Berikut Ulasannya.

Baca: PBB: Imbas Perang Rusia-Ukraina, Negara Miskin Hadapi Krisis Pangan dan Energi

1. Irlandia
Irlandia berada di posisi pertama dari deretan negara dengan ketahanan pangan terbaik. Dalam hal ini, Irlandia memperoleh angka 84.0 dari skala 0-100. Negara ini mengalahkan Austria dan Inggris yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Dilansir situs That’s Farming, Irlandia juga pernah meraih predikat ini pada 2017 serta mendapat peringkat kedua setelah Finlandia dalam indeks ketahanan pangan tahun lalu. Irlandia berhasil menekan biaya pangan sembari mengatasi ketidaksetaraan dan memastikan bahwa stok pengamannya telah tersedia.

Irlandia mencatatkan skor 92,9 pada aspek keterjangkauan pangan, kemudian 94 pada aspek kualitas dan keamanan pangan, 75,1 pada aspek ketersediaan pangan, serta 74,1 pada aspek sumber daya alam dan ketangguhan.

2. Austria
Berada di posisi kedua, Austria memperoleh nilai keseluruhan 81,3 dari skala 0-100. Negara ini mengungguli Finlandia yang tercatat sebagai negara dengan ketahanan pangan terbaik tahun 2020.

Negara yang terletak di kawasan Eropa Tengah dan memiliki jumlah populasi sekitar 9 juta jiwa mencapai angka 90,5 dalam aspek keterjangkauan pangan. Selain itu, Austria mendapat nilai 91,2 pada aspek kualitas dan keamanan pangan, serta 65,7 pada aspek sumber daya alam dan ketangguhan.

Satu aspek lainnya yaitu ketersediaan pangan mendapat nilai 75,2 atau terpaut tipis dari angka ketersediaan pangan Irlandia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2796 seconds (11.97#12.26)