Turki tunda pembelian jet tempur F-35

Jum'at, 11 Januari 2013 - 23:08 WIB
Turki tunda pembelian jet tempur F-35
Turki tunda pembelian jet tempur F-35
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Turki telah menunda pesanan untuk membeli dua jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS). Alasan yang dikemukakan Turki adalah karena adanya masalah teknis dan meningkatnya biaya.

"Karena keadaan saat ini JSF (Joint Strike Fighter) dan meningkatnya biaya, kami memutuskan untuk menunda pembelian dua pesawat yang dijadwalkan pada 5 Januari 2012,” kata pernyataan Sekretaris Industri Pertahanan (SSM) Turki, seperti dikutip dari defensenews, Jumat (11/1/2013).

Semula, pembelian 2 jet tempur ini akan menjadi tahap pertama dari paket pembelian yang disepakati Turki dan AS. SSM, badan publik yang bertanggung jawab untuk pembelian senjata Turki, mengatakan, keputusan itu diambil karena kemampuan teknis pesawat itu "tidak pada tingkat yang diinginkan."

Setelah pembelian awal dua jet itu, Turki berencana untuk memesan 100 unit jet tempur siluman untuk mengganti armada yang ada saat ini. Pembelian ini terutama untuk menggantikan jet tempur F-4 Phantom dan F-16 Falcons.

Turki adalah salah satu dari sembilan negara yang merupakan bagian dari konsorsium pimpinan AS untuk membangun jet tempur F-35. Negara lainnya adalah Inggris, Kanada, Italia, Belanda, Australia, Norwegia, dan Denmark.

Perkembangan jet tempur siluman telah terganggu oleh masalah teknis dan telah mendorong beberapa negara untuk membatalkan pembelian, menghitung kembali skala kebutuhan, atau menunda pembelian.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5212 seconds (0.1#10.140)